Tutorial Membuat Logo Flat Di Android Menggunakan Photoshop Touch

Posting Komentar
PSmanip - Selamat malam sobat-sobat semua, sudah lama rasanya PSmanip tidak update lagi seputar editting foto. Kini PSmanip kembali lagi.






Di postingan ini, PSmanip bakalan share tutorial membuat Logo Flat lewat Android dan tentunya mudah, tidak seribet yang dibayangkan.

Awalnya saya tidak percaya kalau di Smartphone Android bisa bikin logo flat seperti gambar di atas. Tapi saya iseng membuatnya menggunakan aplikasi Photoshop Touch dibantu dengan aplikasi PixleLab, dan ternyata bisa. ^_^

Menurutku logo flat ini banyak manfaatnya, contohnya cocok buat produk anda, foto profil di sosial media, icon aplikasi, icon web/blog, dsb.

Di tutorial ini, hanya membutuhkan 2 aplikasi seperti yang saya sebutkan di atas, yak Photoshop Touch dan PixleLab. Dan pastinya kedua aplikasi tersebut sudah terinstal di smartphone kamu. Untuk aplikasi PixleLab, bisa kamu download di Google Play Store.

Membuat Tulisan Text Menggunakan PixleLab

Paling pertama yang harus di lakukan adalah membuat Tulisannya dahulu, terserah mau menulis seperti apa, sesuaikan dengan keinginan hatimu. Contohnya disini saya menulis " P " yang artinya singkatan dari nama blog ini PSmanip. ^_^

Oh iya, bagi yang belum paham cara menggunakan aplikasi PixleLab, silahkan ikuti tutorial di bawah ini, jika sudah tahu, skip aja sob hehe..


Nah, jika kamu baru menginstal aplikasi ini, maka tampilannya akan seperti ini. Swipe kekiri yang sudah saya lingkari > Lalu Tap Blank Templat atau di sebelah kanan tulisan inner.


Nanti akan kosong seperti gambar di bawah > Lalu Tap icon/huruf A > Lalu Tap Text > dan Terakhir tap Edit > Nah nati kamu Tulis apa saja yang akan di jadikan logo Flat, contohnya disini saya menulis P > Tap OK.



Geser ke kanan lagi seperti yang sudah saya lingkari di bawah dan Cari menu Font, untuk mempercantik tulisan kamu nantinya. ^_^



Lalu besarkan font tersebut, caranya sama seperti di atas, cari menu Size. Jika sudah, mari kita atur posisi font tersebut, supaya pas di tengah - tengah gambar.

Caranya? Tap menu Relative Positions (Ada di sebelah menu size) > lalu tap kedua button yang sudah saya lingkari > lalu tap done, atau tanda centang.



Tahap terakhir tap menu background yang sudah saya lingkarilingkari > lalu tap Transparent.



Tahap terkahir, adalah menyimpan foto ini, tap save/simpan diatas (yang sudah saya lingkari) > Save Pictures as Image.

Lalu atur formatnya menjadi: png, dan dimensionnya: Ultra > Save To Gallery.




Mulai Mendesain Menggunakan Photoshop Touch

Buka aplikasi Photoshop Touch. Oh iya, sebelumnya kenali dulu tool di Photoshop Touch, kamu bisa membacanya di postingan sebelumnya: Mengenal Tool Di Photoshop Touch Android. Jika sudah, kita lanjut sob hehe.

Buat blank Document, Caranya? Tap menu yang saya lingkari > Tap Blank Document > Atur height dan widthnya seperti gambar di bawah, atau sesuaikan dengan selera kamu, usahakan rasionya 1:1.


Maka akan seperti gambar dibawah, dan jangan lupa aktifkan mode cursornya, caranya? Bisa cek artikel sebelumnya yang sudah saya sebutkan di atas. ^_^


Lalu tambahkan tulisan yang tadi sudah di buat, cara menambahkan fotonya, Tap Menu Layer > Tap add (+) > Tap Photo Layer > Dan cari tulisan yang sudah kamu buat > Biasanya berada di folder PixleLab.

Lalu ubah ukurannya sesuaikan dengan yang kamu inginkaninginkan, maka akan seperti ini. Lalu tap done atau tanda centang di pojok kanan atas.


Tap menu layer, lalu ubah warna layer bawaanya > Tap Layer yang paling bawah > Tap fitur tambahan (&) > tap tool Fill & Stroke > lalu tap done.



Tap lagi menu layer, lalu kita buat layer kosong > Tap menu add (+) > tap empty layer > tap done.



Sama seperti cara di atas, mari kita beri warna layer yang baru ini. Tap menu layer, lalu ubah warna layer bawaanya > Tap Layer yang paling bawah > Tap fitur tambahan (&) > tap tool Fill & Stroke > lalu atur hsbnya seperti gambar di bawah lalu tap done.



Maka akan seperti ini.


Nah berikut ini adalah langkah terakhir dari tutorial ini sob. ^_^ Mari kita potong backgroundnya menggunakan tool Lasso Selection Tool (silahkan cek artikel sebelumnya untuk mengenali tool di aplikasi ini).

Seleksi lah seperti gambar di bawah, atau sesuaikan dengan font yang kamu buat. Dan jangan lupa, sambungkan seleksinya ke lingkaran.



Jika sudah, maka akan seperti ini. ^_^


Tap menu Modify Selection, tap tool Inverse, maka akan seperti di gambar ini sob. ^_^


Lalu kita hapus backgroundnya, caranya? Tap menu Modify Selection dan Clear. Maka kan seperti gambar di bawah. ^_^


Nah sudah selsai, dan tahap terakhir tap done yang ada di pojok kiri atas, sob. ^_^ 

Untuk menyimpan ke Sd card, tap menu bawah di sebelah menu add > dan Save to Gallery > Tap Editan yang tadi kamu buat > nanti disana ada dua opsi (format foto jpg & png) > Lalu tap Ok.


Sekian mengenai postingan ini, jika ada yang masih belum dimengerti, silahkan tulis di kolom komentar yah, dan jangan lupa share postingan ini. ^_^
Batsy
Bukan siapa-siapa, hanya ingin sekedar berbagi saja, apa yang saya tahu.

Related Posts

Posting Komentar